Selamat Datang – Welcome – PERPAMSI - Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia - Graha PERPAMSI, Jl. Dewi Sartika 287, Cawang, Jakarta Timur, Telp. (021) 809 3777, (021) 808 81876

Kerja Sama Program NRW Perumdam Kota Sukabumi

Kerja Sama Program NRW Perumdam Kota Sukabumi

Proyek percontohan penerapan sistem manajemen kebocoran air untuk menurunkan angka air tak berekening atau non-revenue water (NRW) di Kota Sukabumi, Jawa Barat, memasuki babak baru. Bertempat di Kantor Pusat Perumdam Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi, 1 September 2021, ditandantangani kesepaham bersama para pihak terkait.

Banner
Banner
Banner

Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan para pihak yakni Perumdam Tirta Bumi Wibawa (Perumdam TBW), PT Supra Internasional Indonesia, dan WI. Plat Co., Ltd. Nota kesepahaman ditandatangani secara online dan offline langsung dari Indonesia dan Korea Selatan. Mereka yang membubuhkan tanda tangannya yakni Abdul Kholik Fajdawani (Dirut Perumdam TBW), Adhi Pramudito (Presdir PT Supra Internasional Indonesia), dan Mr Sang-hoon Cha (CEO WI. Plat Co., Ltd.).

Proyek percontohan ini terselenggara atas kerja sama dan sepenuhnya didanai oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA) melalui Creative Technology Solution (CTS) Program. Ruang lingkup program adalah untuk melakukan uji coba sistem intelijen manajemen kebocoran air yang berbasis internet of things (IoT), artificial ontelligent dan cloud technology, yang dikembangkan WI.Plat Co. Ltd.

Program ini akan diselenggarakan selama 12 bulan, dengan target menurunkan angka minimum night flow sebanyak 30 persen di dua DMA yang menjadi area proyek percontohan.

WI.Plat Co. Ltd adalah sebuah perusahaan teknologi Korea Selatan yang didirikan oleh K-Water, badan usaha milik Korea Selatan. Sementara PT Supra Internasional Indonesia adalah perusahaan manajemen sumber daya air terpadu dari Indonesia. Bekerja sama dengan WI.Plat sebagai mitra utama, mereka berkolaborasi mengembangkan teknologi manajemen NRW.

Proyek percontohan pertama akan dilaksanakan di Perumdam Tirta Bumi Wibawa pada dua District Metered Area (DMA) dengan total sebanyak 4.000 sambungan rumah. Perumdam Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi memiliki sekitar 20.000 sambungan langganan. Kota Sukabumi dengan tingkat kehilangan air yang cukup tinggi akan menjadi tempat proyek percontohan untuk mengimplementasikan sistem manajemen NRW dengan target menurunkan angka kehilangan air di dua DMA.

Menurut Abdul Kholik Fajdawani, program ini akan diselenggarakan selama 12 bulan, dengan target menurunkan angka minimum night flow sebanyak 30 persen di dua DMA yang menjadi area proyek percontohan. Tim Penurun Kehilangan Air bentukan Perumdam TBW, WI.Plat dan Supra akan bersama sama melakukan pendeteksian kebocoran air menggunakan aplikasi NELOW dan sensor M1 teknologi WI.Plat yang disambungkan melalui smartphone.

Tim akan bekerja mencari kebocoran dan selanjutnya melakukan analisa komputasi melalui artificial intelligence untuk menentukan titik air dan melakukan upaya perbaikan kebocoran. Selanjutnya para pihak akan melakukan penilaian kinerja untuk mengevaluasi tingkat NRW setelah dilakukan pilot project. Red

Artikel ini sudah ditayangkan di Majalah Air Minum No. 313 Oktober 2021

Comments

Berita Lainnya: