Syamsul Hadi Bertekad Bawa PDAM di Jatim Sehat dan Profesional

Syamsul Hadi Bertekad Bawa PDAM di Jatim Sehat dan Profesional

Mengusung semangat “Se Duluran Sak Lawase”, PD PERPAMSI Jawa Timur, menggelar MAPAMDA XIII di Kabupaten Jember, 26-28 Juli 2018.  Puncak dari kegiatan tersebut adalah terpilihnya  Syamsul Hadi, S.Sos, M.M., sebagai Ketua PD PERPAMSI Jatim periode 2018-2022.

Sebuah motto yang sederhana namun memiliki makna yang sangat dalam. “Se Duluran Sak Lawase”, yang mengandung makna “Persaudaraan yang Abadi”. Demikian semboyan utama dan menjadi “ruh” Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Daerah (Mapamda) PD PERPAMSI Provinsi Jawa Timur ke-XIII,  yang dihelat di Hotel Aston Jember.

Luwes dan dinamis. Demikian kira-kira gambaran proses berlangsungnya Mapamda yang mengusung tema: “Semangat Mapamda 13, Mensinergikan Hati Menuju PDAM yang Sehat dan Profesional”.  Mapamda tersebut diikuti 500 orang dari 38 PDAM di seluruh kabupaten dan kota di Jatim, termasuk perwakilan PP PERPAMSI, dan perwakilan Pemda Jember yang totalnya mencapai sekitar 500 orang.

Mapamda PD PERPAMSI Jatim juga dihadiri Ketua Umum PERPAMSI Erlan Hidayat, Sekretaris Umum Mujiaman, dan Direktur Eksekutif Ashari Mardiono. Dari unsur pemerintah hadir Plt. Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Jember, Yessiana Arrifah.

Puncak  gelaran Mapamda adalah pemilihan dan pelantikan Ketua PD PERPAMSI Jatim periode 2018-2022.  Syamsul Hadi, Direktur Utama PDAM Kabupaten Malang terpilih sebagai Ketua.  Sebagai nakhoda yang baru, Hadi menargetkan, seluruh PDAM di Jatim (38 PDAM) pada 2022 bisa berkinerja sehat dengan status “Wajar Tanpa Pengecualian”.

Suksesi Kepemimpinan

Kegiatan puncak Mapamda XIII PD PERPAMSI Jatim, yakni proses pemilihan ketua akhirnya diselenggarakan hingga dini hari, Sabtu 28 Juli 2018.  Kegiatan tersebut dimulai dengan sidang pleno  mengesahkan agenda, jadwal, dan tata tertib pleno.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan laporan pertanggungjawaban dari pengurus PD PERPAMSI Jatim periode 2014-2018. Dalam pandangan umum ada beberapa catatan kepada kepengurusan PD PERPAMSI Jatim 2014-2018 .

Pandangan umum tersebut disampaikan tujuh Korwil yang mewakili 38 kabupaten dan kota PDAM di Jatim.  Pleno tersebut kemudian dilanjutkan dengan pembagian Komisi dan Sidang Komisi.

Setelah Sidang Komisi, selanjutnya dilakukan pemilihan Ketua PD PERPAMSI Jatim periode 2018-2022.  Setelah semua persyaratan dipenuhi, Syamsul Hadi Dirut PDAM Kabupaten Malang dan Adi Setiawan, Direktur Utama PDAM Kabupaten Jember, bersaing sebagai calon ketua dan kedua calon sebelum voting menyampaikan visi dan misi PD PERPAMSI periode masa bakti 2018-2022.

Dalam paparannya, Syamsul Hadi, di antaranya mengatakan, jika terpilih dia akan membawa PD PERPAMSI yang solid dalam membangun PDAM yang sehat dan profesional. Caranya dengan memposisikan PD PERPAMSI Jatim untuk melibatkan dan mendapatkan dukungan seluruh stakeholder. Terhadap kepala daerah, PD PERPAMSI berkontribusi menjadi wadah percepatan peningkatan kinerja PDAM. Terhadap PP PERPAMSI adalah sebagai kepanjangan tangan PP.

Bagi anggota, PD PERPAMSI menurutnya  akan memperkuat organisasi PDAM pada tingkat regional. Bagi pegawai adalah sebagai wadah peningkatan kompetensi dan kesejahteraan. Terhadap pelanggan, PD PERPAMSI akan dibawa sebagai wadah untuk meningkatkan pelayanan. Sedangkan terhadap mitra kerja, PD PERPAMSI  menjadi wadah mempromosikan produk dan jasa.

Sedangkan Adi Setiawan, di antaranya mengatakan, akan berupaya menciptakan PD PERPAMSI  yang kompak, bersinergi, beraliansi sebagai PDAM yang sehat di Jawa Timur, serta berkontribusi terhadap pemerintah daerah untuk mengembangkan daerah.

Dalam proses pemilihan, meski diupayakan untuk dilakukan musyawarah dan mufakat, namun akhirnya proses pemilihan dilakukan melalui mekanisme voting.  Dari 36 suara, Syamsul Hadi  mendapatkan 21 suara dan Adi Setiawan memperoleh 14 suara, serta 1 suara dinyatakan tidak sah.

Setelah Ketua  PD PERPAMSI Jatim periode 2018-2022, Syamsul Hadi, menyampaikan sambutan dan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya, acara Mapamda XIII tersebut ditutup dengan sambutan Ketua Umum PERPAMSI Erlan Hidayat. DA

Comments

Berita Lainnya: