Operasional Smart Aetra Control Room Diresmikan

Operasional Smart Aetra Control Room Diresmikan

PT Aetra Air Jakarta (Aetra), perusahaan penyedia layanan air bersih di wilayah Timur Jakarta, melakukan inovasi dengan mengembangkan fasilitas yang disebut Smart Operation With Aetra Control Room.

Ruangan yang disebut dioperasikan secara excellent ini, berfungsi sebagai tempat untuk melakukan monitoring, menganalisa dan melakukan kontrol terhadap operasional proses produksi dari air baku menjadi air bersih sekaligus proses distribusinya sampai kepada pelanggan secara online. Investasi smart control room tersebut nilainya diperkirakan mencapai Rp1,3 miliar atau sekitar Rp3 miliar secara keseluruhan.

Presiden Direktur PT Aetra Air Jakarta Mohamad Selim, di Kantor Instalasi Pengolahan Air (IPA) Buaran, Jakarta Timur, Rabu (25/7) mengatakan, inovasi ini merupakan salah satu komitmen yang disampaikan Aetra kepada PAM Jaya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Nantinya dari ruangan tersebut bisa dimonitor kondisi tekanan, debit air, bahkan pemakaian konsumsi air pelanggan, sekaligus  dapat melihat kondisi kerusakan yang terjadi. 

“Ini fasilitas kendali operasi yang disebut smart operation dan ini tahapan awal untuk meng-online-kan semua sistem. Mulai dari air baku, proses produksi, kondisi-kondisi yang ada di jaringan, kondisi yang ada distrik meter zone, keluhan pelanggan dan sebagainya, termasuk pengendalian terhadap apa yang terjadi di masing-masing 13 unit kerja melalui sistem CCTV,” kata Mohamad Selim.

Peresmian Smart Operation With Aetra Control Roomdilakukan Direktur Utama PAM Jaya Erlan Hidayat dan dihadiri oleh Ketua BPPSPAM Bambang Sudiatmo, serta sejumlah perwakilan perusahaan air minum dari Jakarta dan daerah lain di Tanah Air.

Dalam sambutannya, Erlan mengatakan sebagai supervisory institution, inovasi yang dilakukan Aetra ini secara tidak langsung juga menjadi alat kontrol bagi PAM Jaya.  Dengan informasi yang didapatkan dari smart control room tersebut, maka masalah yang ada bisa dilokalisir dan dapat diselesaikan dengan cara otomasi seperti ini. Teknologi ini diyakinkan bisa meningkatkan efisiensi.

Bagian penting yang terintegrasi dari fasilitas Aetra control room adalah informasi operasional mulai dari air baku, monitoring semua parameter untuk proses produksi dan distribusi.

Aetra control room nantinya menangkap semua hasil dari sensor-sensor yang telah dipasang di lapangan maupun input dari operator dan kemudian memberikan  peringatan jika terjadi ketidaksesuaian.  Aetra control room juga bisa untuk memonitor dan meng-update secara realtime key performance indicator (KPI) perusahaan. DA

 

Comments

Berita Lainnya: